Bagaimana Cara Belajar Hal Baru?

Salah satu ironi yang harus dihadapi lulusan Teknik saat mereka baru lulus dari pendidikan adalah sebagian besar ilmu yang didapat dikelas hasil mendengarkan dosen sampai ngantuk-ngantuk, bergadang ngerjain tugas sampai mata berkatung macam matanya kuntilanak, dan semua pengorbanan yang telah dicurahkan pada akhirnya GAK BAKAL KEPAKE di dunia sebenarnya. La terus ngapain belajar semua itu? Ya intinya semua itu untuk mendapatkan konseptual dari bidangmu saja dan diharapkan kalian dapat mengembangkan konsep-konsep itu untuk hal yang bermanfaat. Kalau kalian menyambungkannya ke manfaat langsung ya keliatannya emang gak berguna. Contoh apa manfaatnya teori gas ideal? Beberapa dari kalian pasti mikir kalau manfaatnya tak lebih dari teori mengeluarkan kentut. Tapi apa kalian paham bagaimana biar tidak berbunyi sehingga tidak mempengaruhi sociopolitik dan hubungan bilateral dengan rekan kerja atau rekan bisnis. Tentunya kalian harus tau teori ideal gas sehingga kalian tau berapa contraction rate dari perut sehingga bunyi tak terdengar. (Guyon)

Anyway, balik ke belajar sesuatu. Inilah hal yang harus dihadapi hampir semua lulusan dari jurusan teknik. Banyak yang berakhir di dunia yang tidak sesuai dengan apa yang dipelajari. Selain itu, salah satu hal penting yang mempengaruhi orang untuk berhasil atau sukses itu adalah adanya Growth Mindset (hasil baca buku nya Pak Renald Kasali). Kita harus mau belajar hal baru dan tidak terpaku dengan kemampuan dan keadaan yang kita miliki. Sehingga belajar hal baru adalah keharusan bagi yang ingin tidak tertinggal di dunia yang semakin kompetitif ini.

Tapi kalian tahu berapa lama seseorang bisa dianggap bisa menguasai suatu skill? Hasil riset mengatakan “It takes freaking 10,000 hours iterative practice”. Kalo kalian latian 8 jam sehari, maka kalian butuh 5 tahun buat bisa semua ini. Makanya di lowongn biasanya seorang expert diukur dengan 5 tahun kerja. Walah… ya mana mungkin bisa jadi orang sukses bila belajar saja butuh waktu 5 tahun. Tapi nyatanya istilah 10.000 jam ini tak lebih dari sebuah generalisir dari tidak bisa sesuatu menjadi sangat ahli. Namun untuk belajar hal baru sebenarnya tidak selama itu. TEDx talk yang dibawakan Josh Kaufman berkata bahwa semua itu tidak lebih hanya 20 JAM LATIHAN UNTUK MEMAHAMI HAL BARU (bisa dilihat dari learning curve dibawah). Wow… kalau itu 45 menit sehari dalam 1 bulan kalian sudah belajar skill baru. Woila… Muantap dong ya, bisa dong belajar apapun nih dalam waktu satu bulan.

Capture

Tapi semua itu tidak bisa belajar tiba-tiba nyemplung saja. Kalau kalian belajar renang tapi hanya belajar renang diatas kasur dan teori selama 1 bulan ya hasilnya kalian masih perlu ditolongin selama berenang. Berikut 4 poin penting yang harus diperhatikan untuk belajar lebih cepat.

  1. Buat dekontruksi skill yang ingin dipelajari, Dengan mendahulukan hal yang penting terlebih dahulu untuk dipelajari, kita akan lebih mudah belajar untuk selanjutnya.
  2. Jangan menunda dengan alasan, Misal aku akan bisa berenang setelah aku baca 2 buku teori berenang. Ini namanya menunda-nunda, yang benar segera lakukan langsung dengan membaca cukup teori saja. Dan perbaiki bila melakukan kesalahan secara langsung. Dengan begitu skill kita bertambah secara nyata tidak hanya teori.
  3. Singkirkan sejenak semua godaan. Musik, youtube, medsos, gebetan, pacar, dan apapun itu. Beri perhatian penuh selama belajar pada skill yang dipelajari sehingga kalian bisa belajar efektif.
  4. Belajarlah konsisten selama 20 jam.

Semua itu tidak membuat kalian sebagai expert namun kalian akan bisa dikatakan menguasai skill tersebut dimana kalian harus mengembangkan sendiri dengan seiringnya waktu. Persis seperti apa yang telah kita pelajari di kuliah namun ini hanya 20 jam untuk sebuah skill yang lebih jelas manfaatnya.

Akhir dari ngoceh ini ada sebuah quote bagus.

“Hal paling utama yang menghalangi untuk menguasai hal baru bukanlah kepintaran, tapi emosional”

Maksudnya, kita merasa takut, kita merasa bodoh karena menganggap diri kita tidak mungkin bisa mempelajari hal baru dan akhirnya kita berkata mungkin skill ini tidak cocok denganku. Bukan seperti itu kawan, belajarlah 20 jam pada apapun dan kalian akan menguasainya.

Diadopsi dari video TEDx Josh Kaufman : https://youtu.be/5MgBikgcWnY

Advertisements

Kenakalan masa nak-kanak

Ayo nulis lagi plo…! Mumpung masih longgar habis libur thanksgiving. Minggu depan mata dan bokong udah panas lagi karena harus tempur sama yang namanya final tes.

Enaknya nggedabrus apa yaaa? Oya aku mau cerita pengalaman jadi anak mbeling dan ndableg sampe pernah ilang dicari orang sak dusun ngadirejo hahaha… Maklum plo. Bos ini dulu anak nduableg yang suka merepotkan orang-orang sekitar. Banyak kenakalan-kenakalan masa kecil yang bikin kepala gak geleng-geleng lagi, kalo bisa mutar 360 derajat juga kelakon itu hahaha. Ini ada beberapa kenakalan masa kecil yang menurutku mengena banget dan masih kuingat. Kalo aslinya buanyak gak keitung hampir tiap hari ada aja tapi capek plo nulisnya. Bisa jadi buku kalau kutulis semua

Dulu pas aku SD kelas 1, keluarga hidup susah, apalagi zamannya krisis monyet (red:krismon) itu. Terpaksa Ayah dan Ibu harus merantau ke luar pulau biar bisa nyekolahin anak ndablegnya satu-satunya ini. Dan saat itu aku dititipin ke nenekku yang umurnya saat itu 82 tahun. Aku manggil nenekku mbok J. Jadi tau sendiri kan ya gimana anak SD “mbeling” dan nenek hidup berdampingan. Kalau kalian liat pasti ketawa dah. Benar-benar kayak Tom and Jerry versi manusia. Saat itu nilai sekolah juga lagi berprestasi-berprestasinya. Rankingku Alhamdulillah bisa dipertahankan 5 besar…. Dari belakang :D. Mbok juga tidak pernah mempermasalahkan nilai yang aku dapat dari sekolah. Setiap ambil rapot aku selalu ngajak mas sepupuku buat ngambilkan dengan alasan orang tua lagi merantau. Mas ku juga selalu mengiyakan dan tugasnya cuma ambil rapot dan tanda tangan aja, habis itu rapot nya aku yang bawa. Sesampai dirumah pasti ketemu sama mbok. Dia pasti tanya “ dapat warna apa le?”. Aku selalu jawab “hitam semua mbok”. Dan mbok selalu bilang”Pinter putu mbok”. Padahal isinya nilai 6 semua rata Hahaha. Maklum mbok gak bisa baca tulis, yang dia tau selama raport gak ada warna merahnya berarti masih bagus. Yaudah aku juga gak masalahin raport dan nilai-nilaiku. Aku hampir tiap hari ngluyuuur terus. Berangkat sekolah pagi pulang langsung bergegas ambil sepeda terus dines ngluyur sampe magrib dah. Kalau gak main layangan, mandi di kali, main lempung, atau ngapan aja, tergantung musim waktu itu. Hari-hari rasanya menyenangkan buanget. Gak ada PR, sebenarnya ada tapi kerjaanku berangkat pagi dan nyontek punya temen :D. Benar-benar hidup cuma buat main doang. Dari beberapa hal yang kualami saat itu. Ada beberapa kenakalan yang masih aku ingat.

Kenakalan pertama

Aku masih ingat waktu itu liburan idul adha. Aku ngajak adik sepupuku tidur rumah. Dan munculah ide buat jalan-jalan subuh. Aku ngajak adik sepupuku yang masih kelas 1 SD buat jalan-jalan saat itu aku kelas 3 SD. Semua orang pada sibuk mempersiapkan sholat ied. Aku serasa gak berdosa habis adzan subuh jalan-jalan santai sama adikku. Jalan-Jalan kemana? Jalan-jalan ke sawah tepatnya nyari buah ceplukan. Akhirnya kita jalan terus ke arah sungai ditengah sawah. Sampai terdengar suara sayup-sayup takbir idul adha kita udah gak peduli. Jalan terus melewati sungai dan kita udah di desa sebelah. Dan akhirnya sampailah ke sebuah komplek pemakaman yang ada di tengah-tengah sawah. Disitu ada buah keres dan ceplukan yang super banyak. Gak tau kenapa kok banyak banget dan gak ada yang ngambilin. Mungkin karena kuburan ya jadi pada takut. Yawdah kitapun mainan disitu sampe lupa waktu. Sampai akhirnya sekitar siang jam 11 an. Ada orang datang ke arahku. Terus dia tanya-tanya apakah benar aku cucunya mbah Trubus? Aku jawab iya… dan dia kayak kegirangan setengah mati gitu. Ternyata aku udah dicariin orang sekampung. Looooh ngapain kok aku dicariin. Laiyo dicariin lah geblek. Sapa yang yang gak kuatir, orang semua pada pergi ke masjid malah ini ilang gak jelas kemana. Yawdah akhirnya aku pulang diantar bapak tadi. Ternyata di rumah udah banyak orang. Dikiranya aku diculik sama lelembut gitu. Bapak-bapak yang nemuin aku juga gitu. Cerita kalo aku ditemukannya dikuburan. Walahdalah malah dikira aku habis diculik jin beneran sama orang-orang. Maklumlah ya orang desa masih suka bikin asumsi-asumsi mistis yang gak relevan. Cerita ilangku udah didramatisir mirip fim horror indosiar. Aku liat mbok udah nangis-nangis aja. Akhirnya aku dimarahin habis-habisan karena punya ide cerdas main dikuburan angker di desa sebelah. La piyeee la buahnya banyak lo disana. Aku dimarahin sama mbok dan pakde ku. Bener-bener dah mbeling banget waktu itu. Cerita yang gak ada msitis-mistisnya itu jadi buah bibir berhari-hari di desa. Katanya si Yongki diculik jin kuburan desa sebelah. Diculik gundulmu… hadeeeh susah kalo orang-orangnya masih suka percaya takhayul gitu.

Kenakalan kedua.

Yang ini sama, setahun setelah cerita diatas, aku ilang lagi dan dicari orang sedesa. Bener-bener jadi anak paling fenomenal di desa waktu itu. Aku ingat waktu itu liburan galungan. Kalau galungan biasanya setiap depan rumah orang hindu pasti dikasih sesajen yang isinya macam-macam. Dan kadang ada duitnya kalo gak 100 ya 500 perak. Ide cerdas koplo jilid 2 pun muncul. Kesulitan ekonomi masa kecil emang bikin ide nakal keluar. Oke, karena galungan bukan libur nasional tapi hanya teman hindu yang libur. Aku pun rencana mbolos pas hari galungan. Tujuannya biar aku  bisa ngambilin uang receh di sesajen-sesajen itu sama temenku yang notabene juga hindu, namanya Wawan. Jadi pagi-pagi buta sebelum matahari terbit aku keluar rumah dan ke rumah temenku buat bangunin dia. kita pun berangkat dan melancarkan aksi koplo gebelek. Bayangin plo mulai dari Ngadirejo sampai Curahjati, atau sekitar 5 desa kita jadikan objek operasi aksi ngambilin duit sesajen ini. Aksipun selesai jam 8 pagi. Kita dapat 20000 rupiah waktu itu. Gak terlalu banyak soalnya emang banyak sesajennya yang sekarang gak pake uang. Lumayan si Ruji dapat 10000 aku dapat 10000. Karena takut bawa uang recehan pulang ke rumah akhirnya uang ini harus kita habiskan saat itu juga. Jadilah kita njajan sejadi-jadinya waktu itu. Kita main ke pantai grajagan sambil minum Coca-cola yang bagi kita minuman mahal. Si Wawan beli rokok karena dia mau nyoba rokok. Aku gak berani nyoba rokok soalnya terakhir nyoba aku batuk-batuk dan gak ada enaknya. Selain itu beli bakso pake balungan, dan sisanya buat ngerjain orang-orang dan guru-guru dengan nelponin mereka pake telpon umum dengan uang receh. Bener-bener dah nakal banget waktu itu. :D. Pulang ke rumah menjelang magrib. Ternyata aku udah ditungguin orang-orang. Ternyata mbok nyariin aku dari pagi. Dan si Wawan mulutnya bocor, dia ngaku kalau habis ngambilin duit sesajen. Yaudah aku dimarahin tetangga-tetangga. Apalagi keluarga-keluarga kayak paklek dan pakde. Marahnya parah banget waktu itu… 😦

Itu beberapa kenakalanku waktu kecil. Ya aku akuin aja si. Lagian bisa buat cerita. Gak bermaksud bangga dengan semua itu cuma kalau gak ditulis nanti takutnya lupa dan bisa jadi pelajaran dan ada hikmahnya (hikmahnya apa coba.. :D). Aku juga menyesal banget kok. Apalagi sama mbok, udah bnyak bikin khawatir, setelah melewati kenakalan-kenakalan yang sama parahnya dan nilai yang sama sekali dibilang sangat memuaskan jika raportnya bisa dibuang ke selokan aja akhirnya aku dibawa sama orangtua ku ikut ke luar pulau. Karena menurut mereka aku terlalu tidak terkontrol dan sangat nakal…

Saat aku diluar pulau ada hal yang aku rindukan, senyum ompong mbok saat mau tidur. Cerita-cerita masalah ilmu sihir sebelum zaman jepang, cerita silsilah keluarga yang ternyata sangat membanggakan, yang tetap tersenyum saat aku panggil mak lampir, yang selalu mijitin saat aku kenak tipes, yang selalu mengelus kepalaku saat aku tidur, yang selalu menaruh bunga melati dibawah bantalku agar katanya kamu jadi anak pintar kelak, yang selalu masakin aku tiap pagi sebelum aku bangun.

Mbok Yongki Kangeeen :(…. Semoga mbok tenang di sisi-Nya. Nanti tak bacain Yassin ya…

Dari Black Friday Sampe Dangdut Koplo

Jadi gini lo plo… malam jum’at kemarin aku blakra’an sampe San Marcos. Jangan salah loh, bukannya mau berniat sunnah rosul si tapi lagi mau meriahin yang namanya Black Friday istilah banyuwangine jumat cemeng atau jowone jumat ireng. Ada apa di jum’at ini? Ini bukan jumat biasa plo. Bukan jum’atnya yang ada dipikiran suami-suami yang taat menjalankan sunnah atau jumat dimana mbak-mbak daster putih rambut panjang nunggu tukang sate buat beli sate 200 tusuk. Ini jumat dimana hampir semua outlet, tau itu toko daster, tas, elektronik, barang kebutuhan, barang gak dibutuhkan, dan barang penunjang perdukunan lagi ngadain diskon gede-gedean. Rata-rata diskon 50% dan kadang masih dapat potongan 10% lo… Uedyan gak plo?. Wah bagi para suami yang bawa istrinya mohon tangan istrinya dipegang ya selain lebih keliatan romantis juga bisa mengontrol naluri alami mereka. Biasanya para wanita akan sedikit kehilangan kesadaran saat memasuki outlet macam Gucci, Kate Spade, Guess, GAP. Mereka semacam dikuasai oleh kekuatan negative kayak di pagelaran kuda lumping Sosro Budoyo pimpinan Pak Siswoyo desa Bulurejo. Karena banyak yang tiba-tiba kaget melihat barang-barang yang mereka beli dan gak sadar dengan tagihannya. Jadi aku kesini bukan bermaksud menonton pagelaran kuda lumping ibu-ibu atau mbak-mbak tapi lebih ikut berpartisipsi memeriahkan acara belanja gendeng ini.

Jadi habis liburan thanksgiving aku kan gak ada kerjaan. Maklum lah bos koplo ya gini ini, gak ada perkembangan berarti, mager tok isinya. Yawdahlah coba-coba nyari jaket buat musim adem sapa tau dapat yang murah. Lumayan bisa buat siap-siap acara gulung-gulung di salju. Maklum arek ndeso gak pernah liat salju sejak lahir dan aku rencananya mau gulung-gulung di salju buat membuktikan apa bener empuk soalnya keliatannya kayak kapas kalau di TV. Jadi ikutlah aku sama rombongan anak-anak geng Indonesia terdiri dari Mas Nanag, Raka, Shelly, Deby dan tentunya Bos koplo ini dari kelurahan College Station ke San Marcos buat belanja jumat ireng ini. Sepanjang perjalanan juga isi pembicaraan di mobil sangat absurd, mulai dari sapi hitam berpantat putih hingga dilemma suami LDR kalo nanti mau “hari pembalasan” saat ketemu istri. Dan mungkin kalian kalau ada di dalamnya kita seperti beberapa pasien yang lagi kabur dari rumah sakit mental. Ngacok puoool wes. Ya begitulah kuliah di sini. Beberapa mata kuliah membuat sebagian otak menjadi terkontaminasi dan agak jadi berfikir diluar jalur “normal”. Sesampai di San Marcos. Aku langsung berburu jaket dan sepatu. Antrinya puanjang kayak antri sembako di acara bagi rezeki pengusaha besi bekas di kawasan Tanjung Perak. Akhirnya dapat jaket dan sepatu juga setelah berjibaku sama tetangganya Rodolfo dan Pablo. Yang cowok belanja dari jam 12 sampe jam 3 malam… yang cewek belanjanya sampe pagi plo… edyaan dah si Debi dan Shelly dah kerasukan Jin dari golongan Syahriniisme. Setelah capek belanja gendeng pulanglah lagi kita ke kelurahan asal. Tak lupa sarapan donat raksasa di dusun Round Rock Kecamatan Austin.

Sampailah dikosan koplo. Badan legrek habis mutar-mutar outlet segitu gedenya. Dan aku masih belum paham gimana itu cewek2 belanja sampe lebih dari 8 jam jalan sana jalan sini. Entah gimana mereka tiba-tiba lebih kuat staminanya daripada cowok-cowok. Sampai dikosan aku tidur sampe 3 jam saking capeknya. Trus seperti biasa bangun tidur masih geletakan gak jelas. Akhirnya aku coba nulis blog aja lah ketimbang bosan. Tak lupa sambil dengerin dangdut koplo. Seminggu lalu aku dikasih lagu bagus dengan judul “kimcil kepolen”. Lagunya bagus, liriknya satir banget, musiknya koplo mantap josh yahuud. Sesuai lah dengan selera bos koplo ini. Ngomong-ngomong kenapa suka banget dangdut koplo? Gak tau ya, mungkin saking lamanya tinggal di Surabaya dan hampir tiap malam ngopi di warkop dan terekspos dengan irama aransemen Cak Sodiq Monata. Akhirnya mindset koplo ini bener-benar tertanam di otak dan gak bisa diilangin lagi. Bahkan walau udah sampe di Amerika yang modern ini, yang didengerin tetep aja dangdut koplo. Dan liriknya masih sangat terngiang-ngiang sampe sekarang “Jare lek ra ninja ra oleh dicinta”…. Mantep banget dah ini, liriknya simple, mengena banget untuk kalangan alay, dan sangat penuh arti mendalam banget ya kan? Ya kan?. Mungkin karena bos koplo ini termasuk golongan umat anak layangan. Gak apalah la emang suka terus gimana lagi. Hahaha

Ya begitulah bos koplo ini. Rodok edan kalo masalah selera music. Tapi gak apalah, mungkin itu emang jati dirinya. Aku suka bukan karena memang liriknya simple, musiknya enak, dan mencerminkan kesederhanaan, mengena bagi kalangan orang-orang bawah dan gak muluk-muluk seperti lagu mainstream. Ya walau gitu aku juga suka si lagu mainstream. Gak munafik lah. Intinya aku suka semua genre yang menurutku bagus. Tapi untuk saat ini. Si mbak Via Vallen masih di hati dibanding Isyana Sarasvati. Muhuhahaha… Via Vallen, I luph u pull

Si Koplo katrok belajar bahasa inggris

Kalau aku lagi nulis, berarti aku lagi galau plo hahaha… dan siklus galauku sangat mudah ditebak. Lihat timeline update blog ini keliatan banget kan kapan aku ni galaunya. 😀

Ngomong-ngomong saat ini aku gak mau bahas masalah kenapa aku galau tapi aku pengen bahas bagaimana aku belajar boso inggris, nanti galaunya dicritain di episode lain aja lah. Yu no lah aku ni orang dusun, gak terlalu pinter inggrisan seperti anak-anak hits zaman sekarang. Jadi ceritanya aku sekarang “lumayan” bisa lah bahasa inggris dari sama sekali gak paham dimana ngartiin bacaan aja harus bolak balik lembaran kamus. Jadi mari plo kita mulai ceritanya dari awal banget.

Pas itu aku kelas 5 SD. Pas main enggrang, biasa di lapangan lek Sur tiba-tiba si Sodiq bilang ke aku “Yongki you are like monkey”. Aku yang saat itu geblek bahasa inggrisnya njawab “Aku gak seneng ketek diq”. Si Sodiq sambil ketawa sambil tepok jidat pun bilang “artine gak gitu blok”. Dan akupun bengong… Ini yang goblok si Sodiq apa monyetnya. You are like monkey kan artinya kamu suka monyet. Ahh sudahlah… Sodiq emang anaknya guru yang peduli pendidikan jadi dia les bahasa inggris. Akhirnya setelah saat itu aku bilang sama Ibu pengen les, yah itung-itung biar bisa main kelereng sama Sodiq pas les nanti dan ngerti kenapa aku gak suka monkey, alasan yang bagus bukan?. Akhirnya di ACC sama kanjeng mami ikut les bahasa inggris buat pertama kalinya. Kanjeng mami juga sempet kaget kok gak biasanya anaknya yang ndableg ini punya kemauan belajar :D. Hari pertama les aku disuruh hapalin you, I, he, she, they, we, it dan sama grammar yang mengikutinya. Kampret banget dah bosenin banget pelajarannya. Karena banyak menghapal jadinya isinya bosan tok saat itu. Akhirnya sering mbolos main ke kuburan cina sambil nunggu layangan putus daripada ngapalin kata-kata aneh itu. Kalau ada yang putus kejar sampe titik darah penghabisan, saat itu ngejar layangan kayak ngejar masa depan. Semua halangan bakal dilewati walau harus kelahi sama competitor yang sama-sama ngejar layangan yang sama hahaha :D. Pikirku ngapain bahasa inggrisan toh beli layangan bisa pake bahasa jawa gak ditanyain “How much is your money?” Hahaha. Akhirnya ketahuan bolos kanjeng mami, akhirnya kenak jewer dan di”ceplesi” (gak ngerti bahasa indonesianya) sama ibu, dan les nya pun berhenti karena si bos koplo ini terlalu ndableg hahaha.

Itulah pertama kali belajar bahasa inggrisku, selama SMP aku dapat pelajaran bahasa inggris di sekolah. Jadi tetap sama. Ini pelajaran super membosankan. Tiap hari suruh hapalin kata-kata sama hapalin paragraph dari suatu bacaan. Namun ada suatu titik dimana saat mulai puber (ngerti cewek cantik :D) yaitu kelas 3 smp nilai bahasa inggrisku tertinggi se-sekolah. Bayangin plooo sak sekolah hahaha :D. Tau alasannya? Gara-gara diajarin guru muda yang ohh mei goottt imuuut banget hahaha :D. Kalaupun gini mah suruh hapalan semua kata di buku seperpustakaan juga mau hahaha. Gara-gara sering belajar bahasa inggris aku jadi sangat deket sama bu guru… Ecieeee mulai belajar modus pertama kali. Boleh dibilang kayak asistennya. Sering disuruh maju juga buat ngerjain soal-soal. Aku sih kalau yang manggil beliau apapun deh oke. Mau nguras teluk Balikpapan pake tutup botol aqua aja berangkat bos koplo ini Hahaha…:D. Lulus SMP masuk SMA bahasa inggrisku gak berkembang blass gandes. Malah kupikir tambah bego. Gara-garanya apa? Soalnya gak ada motivasi buat belajar. Yaudah akhirnya mikirnya buat apa belajar bahasa inggris. Nanti juga paling kerjanya sama orang Indonesia, gak mungkin juga kawin sama Britney Spears, lagian Luna Maya juga saat itu gak pake bahasa inggris jadi masih ada kesempatanku lah. Lulus SMA masuk bangku kuliah. Lumayan lah ya terekspos sama bahasa inggris disini. Soalnya buku-buku beberapa emang bahasa inggrisan. Ya sedikit-sedikit belajar walau sak emprit. Nilai bahasa inggrisku pas kuliah B. Itupun tugasnya nyontek, mungkin kalau ngerjain sendiri lebih payah lagi haha. dan aku sama sekali gak bisa percakapan bahasa inggris saat itu. Bener-bener “mboh ra roh” lah sama inggris ni. Saat itu Aku mengartikan teks dengan menerjemahkan per kata, katrok banget yaaa :D. Peduli amat lah sama bahasa inggris ni orang kuliah juga isinya itung-itungan melulu. Gak ada hubungannya sama inggris-inggrisan.

Ada suatu titik dimana aku harus belajar bahasa inggris. Yaitu saat tes TOEFL buat syarat kelulusan kuliah. Syarat lulus saat itu 477. Aku masih ingat banget itu tes pertama nyoba. Target toeflku 477 aja. Aku gak muluk-muluk, sadar diri lah kemampuan bos koplo ini gak seberapa, dan aku belajar 2 hari non stop. Hasilnya? Mentok di 460. Hoaaalaaah aku belajar kayak gitu aja gak bias sampe target. Dan liat temen-temen yang ambil udah sampe lebih dari 5 kali tetep belum lulus akhirnya dalam hati buat kesimpulan geblek begini “halaaah santai aja. Ada yang lebih parah dari aku. Ini bukan masalah seberapa berat belajar tapi seberapa beruntung kamu”. Aku nganggap saat itu aku udah gak mungkin lulus TOEFL karena emang aku gak mampu, kunci satu-satunya ikut tes sebanyak2nya dan berharap malaikat mikail kesandung dan rezekinya jatuh ke aku… :D. Gak usah belajar, jawab sebisanya, nanti juga lama-lama lulus asal mau nyoba terus. Jadi kayak lempar dadu. Lama-lama juga muncul angka 6. Hahaha logika kampret banget si… 😀 Akhirnya ikut tes kedua, gak belajar, Malam sebelumnya cangkrukan, besoknya datang tes terlambat. Saat tes nyoba sebisanya aja kerjain secepat mungkin. Pokok harus selesai semua. Dan kamu tau skornya jadi berapa? 480… Woaaaa hhahaha benerkan… Aku Cuma lagi mikir betapa beruntung banget aku waktu itu haha. Malaikat mikai bener-bener jatuh jungkir balik ini. Angka 6 ku keluar saat lemparan pertama coy. Lumayan kan. Akhirnya aku menganggap remeh si inggris ini. Aku tetep gak bisa bahasa inggris sebenarnya waktu itu. Masih katrok kemplo gitu. Sok-sokan nulis status bahasa inggris di facebook dikomenin temen-temen gramarnya salah-salah… dalam hati masa bodo ah penting TOEFL ku lulus :P…

Tiba saat aku lulus kuliah. Ini merupakan titik balik gimana aku mulai terpaksa belajar bahasa inggris. Jadi critanya ikut rekruitmen suatu perusahaan asing. Disitu ada wawancara cepat dimana aku harus ambil kertas dalam toples dengan pertanyaan. Dan aku harus jawab pakai bahasa inggris dan waktunya cuma 2 menit. Geblek dah ini wawancara macam apa? Dan kalian tau gimana aku waktu itu? Mungkin hanya 2 kalimat yang keluar dari bibir imut nan seksi ini. Dan si pewawancara menghela nafas sambil ketawa sisnis. “ Mas, kami ini gak butuh mahasiswa pintar, kami butuh mahasiswa yang bisa kerja dan mampu bahasa inggris”. Batinku “Yo sana pak, jangan cari mahasiswa teknik. Sono loh ke sastra inggris. Mereka bahasa inggrisan semua. Kampret tenan!!”. Saat itu aku dongkol banget. Yoalah le le, kok ya susah banget cari kerja setelah susah-susah bagusin IPK. Disitu kadang bos koplo merasa sedih :(. Di setiap tes kerja aku selalu lolos sampai tahap waawancara. Tes tulis masih bisa ngatasilah, ecek-ecek (sombong dikit :D). Tapi masalahnya lagi-lagi wawancara pakai bahasa inggris. Yongalaaahhhh… Gimana mau kerja di perusahaan top gini kalau bahasa inggris semua tes nya. Kalau gini mending wes pulang aja nanem buah naga gak pake bahasa inggrisan, duitnya jelas kalau hasil bagus bisa buat modal poligami…. Aku saat itu dongkol banget dah. Akhirnya aku menyamangati diri. “Oke, ini cuma masalah bahasa londo-londo kampret itu, aku dulu bisa belajar bahasa Madura dalam waktu beberapa bulan pas masih kecil, paling belajar bentar bahasa kampret ini pasti bisa”. Akhirnya sejak saat itu aku kayak orang gila gagal kawin. Ngapain-ngapain pake bahasa inggris. Ngobrol sama diri sendiri pake bahasa inggris. Mulai mbatin sambil gembreneng dalam hati harus aku lakuin pake bahasa inggris semua. Setelah seminggu konsisten aku mulai masuk fase “payah” dari fase sebelumnya “katrok goblok puol”, setelah sebulan udah mulai masuk tahap “mendingan”. Dan bener saja aku udah mulai bisa ngobrol pake bahasa inggris dengan diriku sendiri lumayan sering. Sampai akhirnya aku diterima disuatu perusahaan asing dengan wawancara bahasa inggris yang sudah aku persiapkan sebelumnya. Dan tes bahasa inggris online sambil minta bantuan temen yang pinter TOEFL waktu itu. Ternyata trik ngrasani dan gembreneng pake bahasa inggris lumayan ampuh buat meningkatkan bahasa inggrisku hahaha…

Saat kerja aku banyak terekspos dengan bahasa inggris. Mulai nulis email sampe ketemu bule. 6 bulan kerja nulis email pake bahasa inggris masih salah-salah gramarnya. Aku sih masa bodoh waktu itu. Penting pesannya tersampaikan hahaha. Trus masuk ke fase paling buruk pada tahun 2013 aku diputusin sama pacar. Saat itu galau banget. Gak tau harus ngapain. Temen akrab seperti si roky dan thoha juga lagi galau dengan kerjaannya. Akhirnya kita sepakat buat bersumpah ”Ayo belajar English, ayo sekolah lagi, ternyata kerja gak enak” :D. Akhirnya aku mulai sregep belajar TOEFL lagi. Pokoknya aku harus bisa sampe 550. Oke aku sekarang harus belajar gak mau lagi kayak pas dulu nunggu malaikat mikail jungkir balik. Tes pertama aku dapat skor 512. Woaaaa… kupikir-pikir aku belajar dikit, gak terlalu mikir udah bisa diatas 500. Aku pikir cuma orang pinter yang bisa diatas 500 ternyata orang yang bahasa inggrisnya geblek kayak aku bisa juga. Oke kalau gitu nyoba lagi bulan depan, dan hasilnya naik jadi 515. Hahaha dalam hati… ya naik dikit lah gak apa-apa santai. Sejak saat itu aku mulai ikut tes toefl setiap 2 bulan sekali. Belajar santai kayak di pantai pokok rutin. Skor ketiga dapat 535… wah lumayan, skor ke empat dapat 540, dan akhirnya setelah menunggu hampir setaun ikutan tes terus sambil belajar santai skorku naik jadi 554. Woaaa… akhirnya hahaha… pecah juga targetnya. Okelah setelah ini aku mau daftar beasiswa. Saat itu targetku LPDP, Fulbright dan AAS. Dan alhamdulillah dapat Fulbright… Yay Bos koplo mau berangkat ke USA. Udah bayangin ketemu Taylor Swift saat itu… Ohhh meeennn happy buanget lah. Di Fulbright aku diharuskan bisa melewati TOEFL IBT. Hah? Tes apa lagi ini? Ya ini mirip TOEFL biasa tapi pake speaking dan writing. Wah saat itu aku gak bayangin apa aku bener-bener bisa. La wong writing sama speakingku aja geblek payah gramarnya. Di Fulbright aku cuma punya kesempatan 2 kali dan harus lewat angka 80 dan aku cuma dikasi waktu sebulan untuk persiapan tes. Setiap pulang kerja aku selalu belajar sampe jam 12 malam dan bangun jam 4 subuh dan belajar lagi. Setiap hari kecuali hari minggu. Harapannya biar bisa nyrocos bahasa inggris pas tes nanti. Tibalah waktu tes untuk yang pertama. Aku datang 2 jam sebelum tes sangking groginya. Dua minggu kemudian hasilnya keluar dan hasilnya 77. Yaaaah gagal. Oke masih ada satu tes lagi. Aku nyoba beli program online buat belajar TOEFL IBT. Belajar lebih gila. Sepulang kerja aku ke café atau ke circle K buat belajar soalnya kalo langsung pulang ke kos aku sudah pasti bakalan molor aja isinya. Dan tes kedua pun harus dihadapi. Skorku naikk tipis jadi 79…. Uaseeeeemmm tenan :(. Aku dah merasa gak bakal bisa berangkat ke Amerika saat itu. Gagal deh ketemu mbak Taylor. Tapi kuliat liat lagi saat itu, batas pendaftaran universitas masih sebulan lagi, okelah aku mau coba tes IBT dengan biaya sendiri. Pinjem kartu kredit teman dan akhirnya aku bayar sendiri. Aku gak mau gagal sekarang. Aku bener-bener bertaruh 190 dolar biar bisa berangkat ke USA. Kurang 1 point aja ini masak aku mau gagal. Aku belajar lebih gila. Tidur 3-4 jam sehari. Waktuku Cuma 2 minggu aja waktu itu untuk persiapan. Hari tes pun datang. Aku pun bener-bener deg-degan sama saat mau masuk ruang sunat pas masih kecil saat itu. Rasa groginya hampir sama. Ini bener2 kesempatan terakhir kalo gak lolos aku gak bakal bisa berangkat. Dan akhirnya aku dapat 84…. Woaaaaa rasanya legaaaaa banget plooooo. Yuhuuuu Akhirnya bos koplo jadi ke berngkat sekolah ke Amerika. Mau ketemu sama mbak Taylor… Mbak tunggu aku yaaah 😀

Jadi plo. Aku gak bangun pagi tiba-tiba bisa bahasa inggris nyrocos gitu trus dapat beasiswa. Kalau dihitung-hitung aku sudah hampir 11 kali ambil tes. Aku dulu sama aja kayak kamu, bahasa inggrisku amburadul dan masih sampe sekarang sebenarnya. Tapi yang penting jangan pernah nyerah, sekali kamu nyerah yowes rezekimu mandek disitu karena rezeki yang diantar malaikat mikail gak bakal gelundung ke kamu. Bagi yang ngejar skor TOEFL saat ini. Semangat ya… 🙂

Koplo maning gan

Halo Koploers… 2 tahun tak bertemu dan aku masih lajang saja. Perjaka telat kawin kalo kata Lek Muntaha di dusun sana. Gimana kabar koploers semua? Aku masih gak banyak berubah dari 2 tahun yang lalu kecuali berat badan :D, padahal tiap pagi olahraga joging dari kamar sampai toilet yang segitu jauhnya belum lagi supplement gorengan dan nasi pecel tiap pagi gak pernah telat, Apa yang salah ya dengan pola hidup ini????!!  Aku gak pernah nge blog lagi karena gak ada waktu dan terlalu sibuk (red:malas nulis). Dan yang memalukan, aku terlalu katrok buat bikin blog plo…. Puayah poll… masak cuma pengen liat komen orang yang ngomeni aku gak bisa?! Tapi wordpress habis 2 tahun gak pernah buka sekarang jauh lebih simple dari yang dulu2 ploo. Biasa orang dusun gini susah kalo mikir dengan menu2 wordpress yang banyak pake bahasa inggris. Menurutku sangat jauh dibanding menu warung Mbok Tum yang sangat mudah dipahami dan dicerna :D. WordPress perlu banyak belajar ni sama Mbok Tum masalah user experience nya. Tapi lumayan membantu sih yang sekarang gak kayak dulu. Dulu udah pake bahasa inggris dan ruwet lagi. Gak tau ya, tapi setelah 2 tahun ditinggal blog ku kok kirim2 email sendiri ke emailku ya. Aku menduga ni blog mulai ada penunggunya gara2 gak diurusin sama yang punya. Rencanya pulang kampung mau tak bawa ke mbah kyai biar disembur dan jin nya ilang. Jin sekarang udah mulai gengsi tinggal di pohon beringin dan mulai menunggu blog yang gak keurus, secara gratisan. Pohon beringin butuh petak tanah di Surabaya yang harga kaplingnya mahal. Jin ya gak sanggup bayar KPR wong bisnis pesugihan sekarang lagi surut. Ya gak?

Lama gak koploan bareng kita yak, dan udah banyak pengalaman mulai dari konyol dan sangat konyol untuk 2 tahun terakhir. Kita mulai gedabrusnya dari tahun 2014 ya

2014

Ditahun ini adalah tahun galau. Galau ditinggal pacar, ini jenis galau paling alay dan orang yang terjangkit bisa didiagnosis dari status BBM dan FB nya. Tapi lumayan aku bisa memanfaatkan momen galau ini buat sesuatu yang bikin aku lebih “waras” lah gak kayak temen2ku yang sampe mirip zombie kalau galau. Jadi ceritanya awal tahun aku ditinggalin nih sama pacar. Mungkin aku udah terlalu keterlaluan ngebeteinnya, ngeselinnya, dan lain sebagainya. Galau emang galau mau gimana lagi, akhirnya ya nyari cara biar ni otak gak inget2 hal gak penting dengan jadi sangat sibuk sampe lupa kalau lagi galau. Aku jadi bisa pemrograman walau masih cetek2 becek, dan udah mulai dapat nilai lumayan di TOEFL. Targetnya dulu bisa dapat nilai toefl diatas 500 (payah banget yah) maklum wong ndeso, liat bule bawaannya pengen saliman minta permen dan minta foto bareng sambil manggil “mister… mister… I loft u pull”. Selain itu aku pertama kali keluar dari Indonesia Raya tahun itu, ngadepin orang imigrasi, punya passport. Pertama punya passport ku pamerin ke tetangga2 kampung, eh malah ditanyain kapan berangkat ke hongkong? Pake PJTKI apa kok ngurusnya cepat? Ealah malah dianggap mau jadi TKI buruh cuci piring. Ya emang si gak jauh2 cuma ke negara sebelah tempatnya upin ipin main layangan. Kesempatan itu adalah training “jurus enam sigma” dan setelah selesai training harus mempraktekkan jurus tersebut biar dapat sabuk ijo. Lumayan di Malaysia memang bener2 membuka pikiran bahwa hidup itu gak cuma Surabaya-Banyuwangi tok. Disini aku training di cabang perusahaanku, disana hampir ngapa2in harus pakai bahasa inggris. Waktu itu bahasa inggrisku masih belepotan malah. Tapi nekat aja, kalau mereka gak ngerti ya salah mereka kenapa gak belajar bahasa inggris logat jawa. Secara udah bawaan lahir kita gak bisa disalahkan gitu aja kan. Trainernya orang swiss yang pake bahasa inggris. Tambah geje aja ni training aku Cuma nangkep 40% apa yang mereka omongkan. Dan di akhir training selama seminggu ini. Aku disuruh presentasi buat kelompokku. Bener2 dah, gak salah ni orang2 wong ndeso suruh presentasi didepan para insinyur yang gak ngerti jowo bahkan bahasa indonesianya belepotan gini. Tapi hasilnya semua lancar dan pas kuliat banyak yang mengerutkan dahi karena mendengar presentasiku kayak quis tebak kalimat yang kata2nya kebalik2 hahaha… penting wes mari. Kalau mereka gak paham itu salah mereka. web

Itu sekilas aja mengenai apa yang udah dilakukan ditahun 2014. Ya hal bijaknya tahun 2014 itu galau gak apa tapi arahkan ke hal yang bermanfaat. Banyak hal yang bisa kamu pelajari nantinya selain belajar untuk ikhlas. Aseeeeeeeek.

2015

Tahun ini udah gak galau lagi.Tahun yang lumayan berwarna dan berisi harapan tak pasti sebenarnya.  Tes TOEFL ku ternyata lumayan bagus. Bahasa inggris sudah lumayan walau gak selancar Cinta Laura. Awal tahun dapat tawaran untuk relokasi ke unit bisnis yang ada di Saudi Arabia. Aku saat itu bener2 pengen banget bisa dapat pengalaman luar negri makanya aku nyoba aja. Itung2 sapa tau bisa naik haji gak usah nunggu antrian di Indonesia. Siapa tau seiring hidup disana bisa ternak onta, bikin kebun kurma di bikin hidroponik dan belajar supaya ngerti bahasa Arab. Biar pas pulang ke kampung bisa jadi pemimpin doa hajatan dan dapat jatah torpedo nya kambing. Sempat diwawancarai sama atasanku apakah aku benar2 yakin mau kesana. Aku bilang yakin buat kesana . Kapan lagi jadi TKI di Arab tapi kerjanya kantoran. Tapi akhir2nya kabar tentang kesempatan disana semakin hilang kepatok ayamnya Lek Muntaha  sampai ada kesempatan lainnya yaitu penugasan ke US. Dan saat itu harus milih apakah maju dengan Ambisi ternak onta di Arab Saudi atau pilih liat bule berjemur di pantai2 USA. Entah mengapa hati kecil berkata bahwa USA lebih baik daripada Arab :D. Akhirnya aku memilih buat ke USA karena lebih pasti. Bulan april aku ke USA. Disana lagi summer tapi agak winter gitu. Awal datang ke JFK airport rasanya kayak masuk ke kulkas raksasa. Duingiiiiiin banget, lebih dingin dari mandi pagi di banyuwangi saat musim hujan dan bromo jam 4 pagi. Dan o’onnya lagi aku pake jaket tipis… Waladalah ini badan udah kayak udang beku export aja sambil nunggu taksi gak datang2. Di USA aku bareng pak tris tinggal berdua di apartemen. Setiap hari masak buat makan dan dapat mobil untuk jalan2 dan pergi ke kantor. Gak di Surabaya gak di US yang dimasak tetap sama. Penyetan. Tapi yang terpenting pengalaman yang didapat disana sungguh luar biasa. Mulai dari puasa buka jam setengah 9 malam, gak tau matahari disana suka muter2 tebar pesona mulu dan gak langsung tenggelam aja kayak di Indonesia, Sampe akhirnya bisa jalan ke Niagara liat es batu raksasa jatuh, punya banyak teman, gak sengaja makan menu Bab 1, sampai dikejar anjing tetangga. Dan 3 bulan pun belalu dan aku harus pulang ke Surabaya lagi.

IMG_2447_web

Tahun ini banyak pencapaian yang bisa aku penuhi. Mulai selesai proyek six sigma sampai bisa jadi principal candidates di salah satu pemberi beasiswa  dari negaranya lek sam. Oya perusahaanku dulu yang empot2an akhirnya dipoligami oleh perusahaan raksasa amerika dan berubah nama jadi GE (perusahaan jendral listrik). Semoga bisa menjadi lebih baik nantinya terutama duitnya 😀

2016

Tahun harapan lebih tepatnya. Harapan untuk bisa dapat beasiswa dan harapan untuk bisa lebih maju lagi.  Harapan hidup lebih bahagia, harapan untuk hidup lebih berkualiat. 🙂

Pengenalan Combine Cycle Plant (Edisi Gas Turbin)

Plo, apa itu combine cycle plant? Dibacanya kombain sekel plen. Kayaknya namanya terlalu panjang buat sebuah nama makanan ya hahahaha. Oke plo ngomong2 apa kabar?, baru bisa posting sekarang, soalnya aku lagi dalam masa penyembuhan galau yang cukup panjang. Tapi sekarang sudah agak mendingan dan udah mulai ilang penyakit galau kronisnya. Oke plo, sekarang aku mau membagi pengetahuan mengenai apa sih yang aku kerjakan di Surabaya. Biar aku gak dituduh sebagai tukang santet atau ahli pelet soalnya mentang2 aku dari Banyuwangi pasti bawaannya klenik2 mulu kemana-mana.

dukun

Hong wilaheng gambreng dadio setrum

Ssssssttttt ini sebenarnya cabang ilmu klenik yang cukup aplikatif. Karena definisi ilmu klenik adalah sesuatu yang tak kelihatan tapi dapat dirasakan dan mencelakakan korbannya. Nah nih kombain sekel kebetulan ngasilin setrum makanya masih bisa dimasukkan ke dalam ilmu klenik hihihihi. Itulah mengapa managerku nge hire aku… soalnya aku dari banyuwangi dan pasti paham yang gini2an 😀 ya tentu saja aku becanda plo, walau 90%nya serius….

Oke kita mulai yo.

combine cycle

Apa hayo ini??

Nah, skema apakah itu? Ini skema input dan output dari si kombain sekel. Seperti layaknya menungso (human aka manusia) si kombain sekel ini juga butuh makan biar dia ngasilin setrum. Kita analogikan kombain sekel seperti layaknya menungso. Jika si menungso ingin punya daya dan upaya buat apel ke tukinem maka dia harus menghasilkan energy. Nah biar dia bisa menghasilkan energy dalam bentuk kemampuan berjalan, kemampuan mbacot, dan kemampuan modus. Tentunya dia butuh inputan berupa makan, minum, dan bernafas yang harus dia dapatkan setiap saat. Maka di dalam body si menungso ini inputan diolah sedemikian rupa hingga menjadi energy. Tentu saja ada produk sampingan selain energy yaitu, eek, air kencing, keringat, dan hembusan nafas.

human body

bayangin kalo didalam perutmu kayak gini

Laaaa, begitulah kira2 plo, apa yang terjadi di kombain sekel ini. Inputan kombain sekel itu ada udara (air), bahan bakar (fuel), dan air (water). Diolah sedemikian rupa sama si kombain sekel dan menghasilkan setrum (electricity), panas (heat), dan air (water). Udah mulai paham? Kalo belum paham jedotin kepala ke tembok 3 kali. Kalo masih belom paham juga lakukan terus sampe kepalamu lembek 😛

combine cycle system

Jeroannya si kombain sekel plo

Nah ini anatomi dari badan si kombain sekel tadi plo. jadi di dalam body si kombain sekel tadi itu ada beberapa organ-organ penting kayak layaknya menungso. Semisal menungso punya ginjal, paru2, hati, dsb. Nah kalau di kombain sekel ini sebenernya buanyak tapi biar sobat kemplo eh koplo gampang pahamnya biar gak banyak2 jedotin kepala di tembok, maka ada 3 bagian utama dari si kombain sekel. Yang pertama adalah Combustion Turbine, Ngerti gak plo apa itu ? kalo di bahasa indonesiakan itu jadi turbin pembakaran, biasanya pakai turbin gas. Nah apa itu turbin gas? Pasti pada melongo ya bacanya namanya hahahaha dasar ndeso.!!!.  Jadi turbin gas itu semacam mesin pengubah energy. Jadi ini semacam body sendiri. Inputannya berupa bahan bakar dan udara dan yang dihasilkan adalah tenaga putar dan panas. Kalo sobat koplo pernah naik pesawat. Kalian pernah liat mesinnya di bagian sayap. Naaah itu namanya turbin. Yang dia makan kan 2, udara yang dia sedot dan bahan bakar yang dia konsumsi. Menghasilkan panas dan daya dorong…

turbo jet

Foto pesawat pribadiku kemarin 😛

Cara kerjaya sangat persis dengan turbin yang ada di kombain sekel. Makannya ya angin sama bahan bakar (biasanya gas) dan yang dihasilkan panas dan daya putar. Trus daya putar itu ngeputar generator…. Nah pasti gak paham itu apa? Generator itu mengubah energy putar dari turbin menjadi listrik. Nah jadi hasilnya udah jelaskan ada dua. Pertama panas dan yang kedua listrik…. Ngono lo plo… nih tak kasih skema sederhana dari turbin gas. Biar kalian gak bayangin bentuknya kayak kipas angin atau kayak kompor gas …. Cekidot plo…

gas turbine

Ini gas turbin GT26 punyanya Alstom, keren kan?

gas turbine scheme

Skema gas turbin plo!!

gas turbine scheme flow

Skema alir gas turbin plo…!!

 

Eh plo, gambar diatas itu berkebalikan jadi jangan bingung ya… kalo bingung jedotin lagi kepalamu. Jadi gampangnya gini plo udara masuk Air intake, kok tiba2 bisa masuk? Ya bisa la wong disedot sama compressor kok. Jadi fungsinya kompresor ini nyedot udara dari luar cara kerjanya muter kayak kipas angin. Kalo kalian berada dibelakang kipas angin yang lagi nyala pasti kerasa kayak disedot kan, nah begitulah kira2 cara kerjanya. Setelah itu udara yang masuk tadi dimampatkan trus dimasukkna ke ruang bakar. Ingat lo ya, syarat terjadinya pembakaran itu ada 3, ada udara yang mengandung oksigen, media bakar atau bahan bakar, dan sumber api. Nah kita kan udah punya udara ni, tentunya di dalam combuster ada sumber api dan penyemprot bahan bakar berupa gas. Terjadilah pembakaran di combuster. Setelah itu nih udara jadi semacam tornado api, jadi nih udara membawa energy yang sangat besar. Energy yang besar ini sekarang gantian muter turbin. Turbin ini bentuknya ya kayak kipas gitu tapi bedanya kalau kipas itu berputar buat menggerakkan udara. La ini kebalikan udara yang panas tadi memutar bilah2 turbin sehingga turbin berputar. Turbin berputar tadi masih 1 poros dengan kompresor dan generator jadi hasil putarannya tadi buat muter compressor yang nyedot udara sama mutar generator buat hasilin listrik… gitu plo cara kerjanya. Tentunya udara panas yang tadi dibuat di combuster dan memutar turbin panasnya gak hilang begitu saja. Masih ada sekitar 650an derajat Celsius yang keluar dari turbin gas ini. Kalo dibuang kan sayang. Udara sepanas itu bisa buat masak telur, nasi, dan sebagainya kalau didistribusikan ke masyarakat kan lumayan… Tapi engineer gak se ndeso itu plo… mereka memanfaatkan energy panas itu buat dimasukkan ke HRSG agar bisa menghasilkan listrik lagi. Ente tau apa itu HRSG. Liat postingan koplo berikutnya ya…. Aku tak mandi dulu ^_*

 

BERTEMU TRIO GALAU

Image

Eh plo… plo….!!! Ente semua pernah galau gak… Nah sekarang Bos Koplo lagi galau ini. Dan levelnya udah alay dengan kelas keparahan kategory lebay plo…! Hemmm kalian tentunya pernah kenak penyakit galau kan??? Ya pasti lah, apa lagi ada hubungannya sama cinte-cinte an. Dan sekarang virus galau lagi menjangkit hatiku nih plo… huhuhuhu T_T.  dan penyebabnya karena cinte plo…  Dan ternyata galau itu gak uenak banget plo. Ya emang sih dulu juga pernah galau gara2 cinte tapi itu 3 taun yang lalu plo. trus hidupku stabil nyaman dan bahagia karena ada si Miss Koplo. Tapi akhirnya Miss Koplo melepas status koplonya mungkin udah capek ngladeni Bos Koplo yang kayak gini ya jadilah dia pergi. Dan efek sampingnya ya galau tiba2 menyerang. Pernah gak ngrasain bila siang hari rasanya puanjaaaaaaaaaaaaang banget kita cuma bisa melamun sambil bersedih-sedih ria. Dan kemudian malam datang, rasanya bayangan-banyangan kenangan muncul dan hati terasa beku karena itu. Ya begitulah, dan untungnya aku gak sendirian. Menurut survey di setiap 20 pasangan cinta pasti ada 1 pasangan yang galau karena patah hati. Jadi ini kayak penyakit flu gt. Rada2 nular tapi pasti lama2 juga sembuh hahaha…

Aku putus sama pacarku tahun kemarin tepatnya akhir desember. Dan galaunya sampai sekarang dan minggu kemarin aku putuskan pulang ke kampung halaman buat nenangin diri sama mendekatkan diri sama keluarga biar gak merasa kesepian. Tapi gara2 didesa suasana sepi dan gak ada kerjaan, kondisi ini malah bikin aku tambah terbayang2 sosok Miss Koplo dan malah bikin aku galau. Akhirnya aku ajak temanku pas malam minggu buat ngopi. Itung-itung aku juga pengen curhat-curhat sama dia. Dan diapun meng-iyakan karena dia juga pengen curhat soalnya lagi galau juga. Temanku ini namanya Gawon, dia dulu temen mainku pas masih SD di Banyuwangi. Setelah malam datang dan aku udah siap2 mau keluar. Dia ku BBM gak balas2 ternyata. Hmmm aku udah mikir dia mungkin gak jadi ngopi sama aku. Dan aku sangat pengen banget keluar, tapi sama siapa?… akhirnya ku liat-liat lagi kontak BBM ku, eh dapet deh salah satu temen SD lagi. Namanya Nengnong. Dia juaga lagi galau sama kayak aku juga. Dan akhirnya aku pergi kerumahnya buat jemput dia dan aku kasih pesan BBM ke Gawon buat nyusul ke tempat Nengnong. Setelah sampai ditempatnya si nengnong akupun ngobrol-ngobrol dikit eh si Gawon datang. Jadi deh kita berkumpul. Dan jadilah kita semua Trio Galau hahahaha. Kitapun keluar bareng ke warung kopi terdekat buat ngobrol dan curhat-curhat

Dimulai dari Gawon, dia keliatannya orang yang paling galau dari kita bertiga. Mukanya udah kayak kaos kaki 2 bln kenak hujan gak dicuci, kusut mulu. Akhirnya dia cerita bahwa dia diselingkuhin sama pacarnya. Bahkan dia rela datang ketempat kerja pacarnya yang ada di Balikpapan Cuma buat konfirmasi keadaan pacarnya tersebut. Dan perjuangan itu sia2 dan mereka pun putus yang tersisa adalah rasa Galau. Kemudian si Nengnong, cewek yang seumuran denganku ini udah gelisah pengen cepet menikah soalnya umurnya yang cukup tua buat jadi perawan desa. Dan dia pacaran udah 3 tahun dan dia baru tahu sifat asli pacarnya. Dan akhirnya putus dan galau deh. Dan kemudian aku. yah kuceritakan semua lah permasalahanku dengan miss koplo sama mereka tapi kayanya kasusku gak se dramatis dan se ironis cerita mereka. Bagaimanapun aku gak mau menjelek2kan Miss Koplo karena aku tahu dia memang baik dan ini mungkin salahku jadi dia ninggalin aku. Tapi malam itu sungguh buat aku paham dan ngerti. Ternyata banyak juga yang galau selain diriku dan aku sudah seharusnya tidak bersedih. Hidup memang tidak seindah saat ada Miss Koplo tapi setidaknya buatlah untuk lebih berarti… 🙂

Tempat Nyangkol

Halo Sobat Koplo semua….!!! Kali ini aku mau kasih kalian tahu mengenai tempat aku nguli. Tempat dimana aku biasa mengerutkan jidat, tepok jidat, garuk-garuk kepala, dan pipis kalau lagi kebelet. Nah itulah sekilas kantor kerjaku yang namanya agak keren kalau di denger. Nih dia nama tempat aku nguli plo…!!!

Image

Keren kan namanya…. 😀 Namanya udah mirip kayak merek mobil atau kayak nama pesawat tempur ya. Tapi bagi orang yang gak tau, contoh , seorang pemuda dari Kali Pait (desa deket Taman Nasional Alas Purwo) dateng ke Surabaya dan dikasih tau tulisan diatas. Apa yang kira-kira dia bakal katakan. Ya, kemungkinan kalau gak nama hotel ya nama jajanan anak SD karena mirip-mirip Astor hahahaha. Tapi jangan salah Plo, ini bukan perusahaan yang bikin jajan rol coklat ataupun perusahaan yang nyewain kamar. Ini adalah perusahaan perancis yang bergerak dalam berbagai bidang terutama yang masih ada hubungannya sama setrum alias listrik. Mau pengen tahu lebih jelas kalian bisa baca sendiri disini

Nah intinya ni perusahaan tu terdiri dari 3 sektor, yaitu transportasi, pembangkit listrik, dan transmisi daya . Nah dibahas satu-satu dulu ni.  Alstom yang membidangi transportasi adalah Alstom Transport. Kalau di Indonesia kayaknya belum ada deh cabangnya, kalau ada mungkin bukan manufakturnya tapi bagian sales aja. Alstom Transport sangat dikenal di Eropa dan bahkan di dunia. Di Indonesia cuma terdengar sayup-sayup. Kecuali mereka para penggila kereta api. Karena sebenarnya, sejatinya, dan sesungguhnya Alstom Transport fokus dalam memproduksi kereta api. Dan mungkin para sobat koplo ada yang tau kereta tercepat didunia itu adalah produksi Alstom namanya kalau gak salah TGV. Dulu unit ini juga memproduksi kapal laut, semacam kapal pesiar gitu namun sahamnya sudah dijual karena dulu Alstom pernah kena krisis. Oya plo…. Alstom Transport merupakan unit bisnis yang paling besar dan paling menguntungkan buat perusahaan. Ya karena produknya juga sudah sangat dikenal di dunia sih

Image

Nah mari kita pindah pembahasan ke sektor pembangkit listrik dan tetek bengeknya. Unit bisnis ini disebuat juga Alstom Power. Ngomong-ngomong masalah pembangkit, disini pembangkit dibedakan antara renewable energy, dan thermal power. Renewable energy atau energy terbarukan ini adalah termasuk sector bisnis Alstom yang membawahi bagian-bagian pembangkit dengan energy yang bisa diperbaharui. Contoh produknya kincir angin (raksasa plo… diameter bladenya aja sepanjang lapangan rugby), turbin aangin, solar energy, dan banyak lagi deh. Dan sector ini juga memiliki tim riset yang terus berinovasi semisal kayak turbin yang menangkap energy arus laut, menangkap energy pasang surut dan banyak deh. Kalian bisa liat di youtube inovasi2 dari sector ini. Nah selain itu ada yang namanya Thermal Power, sector tempat bos koplo nyangkol. Sektor ini dulunya sangat kuat tapi akhir-akhir ini lagi surut karena banyak pesaing semisal dari Cina dan Korea. Yang dijual di sector ini antara lain boiler, turbin gas, turbin uap, dan lain sebagainya yang ada urusannya sama pembangkit listrik yang ada panas-panasnya gitu deh dan yang pakai bahan baku fosil kayak gas, minyak, dan batubara. Nah di Indonesia sektor inilah yang ada cabangnya terutama pembuatan boiler tempat bos koplo mengais nasi.

Image

Selain itu ada juga sektor transmisi daya. Atau sering disebut Alstom Grid. Aku gak terlalu ngerti detail masalah sektor ini. Sektor ini juga punya cabang di Indonesia dan kabarnya sektor ini mulai berkembang pesat soalnya jualan travo, kabel, resistor dan lain sebagainya yang pasti banyak proyeknya dan pasti juga banyak yang laku hahahaha. Ini adalah unit bisnis ketiga yang terbesar dan saat ini berkembang pesat.

Image

Nah tempatku kerja itu di Alstom Power. Nama lengkapnya sih kalau di Indonesia  PT ALSTOM POWER ENERGY STSTEM INDONESIA. Puanjang banget ya hahaha… disingkatnya sih jadi PT. APESI. Sebenarnya ini dulu didirikan oleh pak Habibie mantan presiden negara kita. Namun dulu tahun 1999 dimana krisis monyet melanda alias disingkat krismon. Jadinya sahamnya dijualin. Nah tapi didalam PT APESI sendiri masih ada saham2 perusahaan BUMN lain. Seperti PT PAL, dan PT Barata tapi sak emprit nominal persen sahamnya. Jadi bisa dikatakan aku ini pekerja setengah BUMN juga dengan presentase sak emprit hahaha. PT APESI Surabaya ini membidangi pembuatan boiler karena berada dibawah thermal power, disini kita dibagi lagi berdasarkan sub bisnisnya. Di APESI sendiri ada bisnis manufacturing, service, dan engineering. Nah tempat ku nyangkol ya di engineering itu dan spesialisasinya bikin HRSG (Heat Recovery Steam Generator) ya semacam boiler. Oya aku lupa udah ngerti boiler itu apa blom? Kalau belum searching dewe ya. Kalau dijelasin tambah panjang ni tulisannya. Proyek2 yang pernah ditangani banyak dan kebanyakan dari luar negri karena HRSG kita gak pernah laku di Indonesia karena harganya kemahalan dan selain itu Perusahaan Listrik Negara kita lebih suka pakai produk2 Cina dan Korea. Ya ada sih proyek di cikarang dan sengkang tapi milik swasta. Pernah juga dapat proyek dari PLN tapi itupun korupsi yang melibatkan anggota DPR. Hmmm rada payah juga sih…

Image

Kantor Alstom Jakarta

Jadi teman-teman koploer sekalian. Kalau pengen KP atau meniti karir disini monggo. Karena suasana kerjanya menyenangkan. Harapannya suatu hari semoga PT APESI bisa dikuasai BUMN lagi biar aku bisa mengabdi untuk negara dan Indonesia punya perusahaan power plant dengan teknologi tinggi. Ya semoga…

Kaleidoskop 2013

Image

 

Ngomong-ngomong bener gak aku mengeja tulisan kaleidoskopnya? udah sama kayak EYD yang baku belom? soalnya aku juga gak tau gimana mengejanya hahahaha ketahuan blo’on dan gak pernah baca ya….. Halo sobat-sobat Koplo di seluruh belantara dunia raya..Selamat pagi dan selamat tahun baru 2014. Hehehe…. Aku pengen post kilas balik perjalanan hidup di 2013. tahun dimana aku sudah bekerja dan aku sadar plo, kalo ternyata aku gak jadi pengangguran. karena sebelumnya di 2012 aku masih mahasiswa teknik cupu yang lagi galau sama tugas akhir, dan 2013 ini aku udah gak minta duit sama orang tua lagi. Ya sedikit meringankan beban mereka walau sebenarnya masih sangat membebani dengan kebandelan dan kenakalanku juga.

Ditahun 2013 aku awali dengan jalan-jalan sama kroco-kroco koplo yaitu Roky, Toha, dan Munir. mereka teman-temanku yang paling dekat. Maklum bos koplo ini gak terlalu pandai bergaul soalnya kebanyakan pacaran kali ya. Nah jalan2 kita kali ini ke WBL (Wisata Bahari Lamongan). aku bawa cewekku, Toha bawa ceweknya, Roky bawa 2 cewek sekaligus (edyan mamen) karena kasihan liat munir yang menjomblo dan habis diselingkuhin pacarnya. Akhirnya dengan sikap dermawan roky. Munir diberi kesempatan membonceng salah satu cewek yang dibawa oleh roky hehehe. aku sempat lihat mata munir berkaca2 saat itu sambil membonceng cewek dari roky hahaha. Dan kitapun berangkat ke lamongan. dan bersenang-senang bersama. dan pulang dalam keadaan kehujaanan dalam perjalanan ke surabaya. Awal tahun yang sangat indah untuk dimulai tentunya…Pada saat itu  Roky, Toha masih berstatus pengangguran, dan munir yang status mahasiswa mbambet tingkat akhir. setelah kita jalan-jalan, beberapa bulan kemudian Roky dapat pekerjaan, si Toha juga dapat pekerjaan, si munir yang kuliahnya mbambet akhirnya lulus ditahun 2013 dan dapat pekerjaan. kitapun berpisah dari kota Surabaya. Mengejar mimpinya masing-masing.

Dan selang beberapa bulan juga motorku dijabel (ditarik sama dealer gara-gara gak bisa bayar cicilan kredit). Jiasik…. dalam hatiku pengen misoh2 saat itu. tapi misoh2 juga gak bakal membalik keadaan. Kejadian penjabelan waktu itu terjadi di Jemursari. tiba2 kita distop sama orang2 gede mirip preman yang naik motor sambil menyodorkan laptop dan dilayar laptop ada nomor polisi kendaraanku. Aku dan temanku saat itu bersamaku digiring ke dealer dan motorkupun ditahan… haduh jadi deh aku luntang-lantung di pinggir jalan sambil bawa helem dan mantel sama temanku. motorku sebenarnya dijabel bukan karena aku gak bisa bayar cicilan motor lo plo. Tapi ini buntut masalah keluarga dari Ibuku. kalau kuceritakan entar postq tambah panjaaaaaaaaaaaaaang. Tapi akhirnya aku bisa selesaikan semua pembayarannya juga. Dan akhirnya semua sudah tuntas dan motorpun kembali ke pangkuan bos koplo. Tapi masalah keluarganya masih belum tuntas. semoga keluarga besar ibuku bisa segera berdamai lagi.

Ditahun ini juga aku kehilangan mama ke-dua ku. yaitu tanteku. Tante yang paling kusayang karena dialah yang merawatku saat orang tuaku merantau ke kalimantan. yang mengajari mengerti jam. yang mengajari pelajaranku. Bagiku dia sangat berjasa. aku sempat mencium tangannya sebelum ajal menjemputnya. Beliau meninggal karena harus melawan kanker yang dideritanya. Selamat jalan Lek Tini, Selamat Jalan Ibu ke dua ku. Semoga dirimu mendapat tempat terbaikdi sisi-Nya

Ramadan tahun ini juga cukup istimewa bagiku, karena aku jadi panitia ramadan di kantor. Tugasku antara lain memeberi artikel yang berisi masalah2 agama ke karyawan2 lain dengan cara menyebarkan email. Selain itu aku juga ikut serta dalam belanja bareng anak yatim dimana saat itu aku dapat anak yang buandel ra ketulungan. yang dicari bukan lagi mainan atau peralatan sekolah saat belanja. tapi dah celana pensil. jaket junkis, dan lain sebagainya. Ini anak udah punya bakat alay juga ya… hadeeeeh tapi gak apa2 diingat2 menyenangkan juga. Melihat mereka sumringah dihati rasanya senang. Dengan beberapa acara itu juga membuat aku lebih dekat dengan agama yang sebelumnya masih buram2 alias islam ktp doang hehehe

Dan menginjak hampir akhir tahun 2013 yaitu 27 desember. aku putus sama pacarku. haduuuuuuuuuuuuuuuuh. Galau pun melanda untuk sekian kali lagi. Saat itu aku dan dia akan pergi ke malang untuk liburan. Ternyata saat aku sampai dikosannya untuk menjemputnya dia minta putus.  yah pacaran 3 tahun lama-lama akhirya putus juga. Mungkin memang bukan jodoh ya… Ya aku sih masih berdoa agar kita berjodoh. Dan sampai sekarangpun aku masih tetap galau memikirkan dia, karena kita putus dalam keadaan masih saling cinta. tapi tak apalah semoga dia dapat penggantiku secepatnya biar aku bisa move on. 

Dan itulah cerita cerita dari hidupku yang cukup membekas ditahun 2013 ini. dan 2 resolusi ditahun itu gagal semua. yaitu TOEFL harus 600, gagal gara2 gak niat ningkatin TOEFL. dan resolusi harus punya usaha sendiri akhirnya juga gagal karena banyak pengeluaran ditahun ini jadi gak bisa ngumpulin modal. yah yah payah plo. dan sebagai gantinya aku harus tetap menjalankan resolusi ini di 2014 ditambah harus dapat beasiswa sekolah di luar negri hehehe JADI RESOLUSIKU TAHUN 2014 ada 3. Yah walau sebenarnya aku sudah mulai ikut kursus bahasa inggris dan aku sempat ikut tes TOEFL tapi hasilnya baru keluar di 2014 januari. dan akupun juga mulai menanam buah naga dirumah sebnyak 70 pohon. anggaplah ini usaha kecil2anku hehe. Yah menurutku 2013 adalah tahun yang cukup kelam. dan aku siap untuk menulis kisahku di 2014 dengan blog ini membuat kisah-kisah yang lebih indah dan lebih menyenangkan. Amin…